KITA PEDULI, KITA BISA ATASI
BERSAMA KITA BANGUN KEMANDIRIAN

Minggu, 14 November 2010

KSM UNTUK APA ?

Pertanyaan ini muncul ketika masyarakat berbondong-bondong membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Apakah antusias masyarakat membentuk KSM adalah karena termotivasi untuk “pinjam uang"
Gejala semacam ini menjadi biasa jika warga memahami, KSM hanya menjadi persyaratan untuk meminjam modal  bergulir, walau mereka sendiri tidak tahu mengapa harus berkelompok. Yang penting bagi mereka adalah mempunyai KSM dan mendapat pinjaman uang bergulir.

Mengapa warga yang ingin memanfaatkan dana BLM harus ber-KSM ?


KSM adalah  wadah gerakan moral masyarakat di akar rumput, artinya adanya KSM bukan hanya sekedar untuk meminjam uang bergulir. KSM digunakan untuk saling belajar, saling jujur satu sama lain, saling membantu, dan yang penting adalah saling asah asih dan asuh dalam menanggulangi permasalahan kemiskinan di antara kelompok tersebut.


KSM juga merupakan wadah bagi orang miskin dan orang kaya yang peduli, dan selalu membela kepentingan orang miskin, serta menggalang kekuatan dan potensi dalam penanggulangan kemiskinan. Selain itu, KSM sebagai wadah belajar bagi atau tempat sekolah orang miskin dalam mempelajari keterampilan hidup. Dengan mewujudkan KSM sebagai “sekolah rakyat miskin“, maka masalah mahalnya biaya sekolah, sedikit banyak, bisa teratasi.


Jadi, tujuan KSM di masyarakat sebenarnya adalah agar terbentuk kesadaran dan tanggungjawab bersama di dalam masyarakat, melalui kelompok. Terutama dalam pembayaran kembali. Saling membina sesama anggota kelompok serta mengurangi biaya pelayanan pinjaman.


kalau begitu, siapa yang bertanggung jawab untuk menjelaskan ke warga tentang pentingnya berkelompok tersebut?

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.