KITA PEDULI, KITA BISA ATASI
BERSAMA KITA BANGUN KEMANDIRIAN

Sabtu, 04 Desember 2010

PENGELOLAAN EKONOMI RUMAH TANGGA

Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga adalah tindakan untuk merencanakan, melaksanakan, memonitor, mengevaluasi dan mengendalikan perolehan dan penggunaan sumber-sumber ekonomi keluarga khususnya keuangan agar tercapai tingkat pemenuhan kebutuhan seluruh anggota keluarga secara optimum dan memastikan adanya stabilitas dan pertumbuhan ekonomi keluarga.

Manfaat Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga yang dilakukan dengan baik adalah sebagai berikut :
Ø  Kebutuhan ekonomi seluruh anggota keluarga dapat terpenuhi secara optimal.
Ø  Menjaga stabilitas kehidupan ekonomi keluarga.
Ø  Pertumbuhan ekonomi keluarga.

Prinsip Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga adalah upaya untuk selalu meningkatkan pendapatan dan melakukan pengendalian pengeluaran dalam memenuhi kebutuhan anggota keluarga agar terdapat surplus (kelebihan) secara kontiyu yang diakumulasikan menjadi kekayaan semakin besar.

Sikap Dasar Yang Diperlukan Dalam Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga :
1.     Kesadaran dan motivasi yang kuat dari semua anggota keluarga untuk mencapai pertumbuhan dan kehidupan ekonomi yang baik.
2.  Menggerakkan seluruh kemampuan dan potensi ekonomi keluarga guna mencapai tingkat pendapatan yang lebih tinggi.
3.      Adanya keterbukaan, kejujuran, disiplin serta kerja sama semua anggota keluarga.
4. Adanya pengendalian berupa perencanaan ekonomi rumah tangga dan pengendalian pelaksanaannya sehari-hari secara taat dan disiplin.
5.      Adanya susunan prioritas kebutuhan dan alokasi sumber ekonomi keluarga yang didasarkan atas tingkat kemendesakan kebutuhan dan bukan sekedar keinginan.



Unsur-Unsur Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga (ERT)
1.      Pendapatan Keluarga
Menghitung pendapatan keluarga bagi keluarga yang tidak mempunyai pendapatan tidak tetap misal petani. Menghitung pendapatan keluarga artinya menjumlahkan semua penghasilan yang diperoleh oleh semua anggota keluarga dari berbagai jenis sumber. Perencanaan dan prediksi pendapatan keluarga ini seyogyanya disusun oleh seluruh anggota keluarga setiap akhir bulan untuk merencanakan pendapatan keluarga bulan berikutnya.
2.      Rencana Pengeluaran
Pengeluaran keuangan yang terjadi dalam sebuah keluarga sebagian besar adalah untuk memenuhi keinginan, sehingga keuangan keluarga tekor atau lebih besar pasak daripada tiang. Pengeluaran keuangan sebuah keluarga sebaiknya didasarkan atas kebutuhan bukan keinginan.
3.      Catatan Realisasi Pendapatan dan Pengeluaran
Tidak ada manfaat menyusun rencana kalau tidak secara disiplin rencana tersebut dilaksanakan. Pencatatan dan monitoring dimaksdukan untuk memperoleh data sebagai bahan dalam melakukan evaluasi, apakah rencana yang disusun dapat dilaksanakan; apa terdapat penyimpangan; seberapa besar penyimpangan tersebut; mengapa bisa terjadi dan bagaimana memperbaikinya.
4.      Pandangan dan Sikap Yang Tepat Tentang tabungan
Selama ini terdapat sikap yang salah tentang menabung, anggapan yang ada selama ini orang dapat menabung apabila terdapat sisa pendapatan setelah dipergunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan keluarga.
Sebenarnya menabung merupakan kunci untuk memperbaiki kehidupan ekonomi. Menabung lebih merupakan gejala sikap, perilaku dan disiplin manusia. Menanamkan kebiasaan menabung merupakan upaya strategis mengatasi kemiskinan.
Menabung dapat dilihat dari 2 sisi yaitu menyisihkan bagian dari pendapatan dan penghematan dari setiap rupiah pengeluaran.
5.      Musyawarah Keluarga (Suami, Isteri dan Anak-Anak)
Sangat jarang keluarga memiliki tradisi musyawarah, apalagi yang didayagunakan untuk tujuan ekonomi. Musyawarah keluarga dilakukan tidak hanya suami dan isteri, tetapi juga anak-anak yang telah dapat mengerti.
Musyawarah terutama bertujuan untuk menyusun rencana keuangan keluarga bulan berikutnya dan mengevaluasi pelaksanaan rencana anggaran bulan sebelumnya, memperbaiki kesalahan dan memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan ekonomi keluarga.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

pengelolaan ekonomi keluarga sangan penting dengan adanya info ini menjadi acuan untuk saya dalam mengelola ekonomi keluarga thank for information..

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.